CARA MEMBUAT BUKU SOSMED MENGGUNAKAN GOOGLE SITES



Apa itu buku sosmed? Samakah dengan buku telepon, buku tamu, buku resep makanan, dompet kartu, dll. Buku sosmed itu istilah yang saya buat sendiri. Buku sosmed adalah kumpulan alamat sosmed punya kita. Di jaman sekarang yang serba sosial media, siapa yang tak punya Facebook, Instagram, Twitter, Youtube. Ini tahun 2020 saat tulisan ini ditulis, bagaimana beberapa tahun kemudian, apakah sosmed yang tadi masih ada? Contoh sekitar tahun 2006 silam waktu masa jaya Friendster. Sampai tahun berapa bertahannya? Ada juga sosmed namanya Path, sekitar tahun 2012. Masih adakah sampai sekarang? Sudah ditutup kan? Aplikasi chat BBM (Blackberry Messenger), apa masih ada yang menggunakan aplikasi chat BBM? 😀 Saya sendiri sudah uninstall aplikasinya, karena sudah ditinggalkan pengguna yang lain. Untuk apa juga disimpan-simpan di HP, ibarat sampah tak terpakai. Hanya ada kenangan di sana sewaktu zaman BBM-an. Sepertinya yang tak pernah mati itu dunia blogging. Dari sekitar tahun 2006 sampai sekarang Blogger masih ada. Saya kurang tahu pasti kapan mulainya launching aplikasi-aplikasi sosial media tersebut, yang jelas, tahun-tahun yang disebut di atas adalah tahun dimana saya pernah menggunakannya. Untuk info lebih detail tentang kapan berdirinya sosmed dan kapan berakhirnya, sobat bisa search sendiri ya. Hehe.. Sekarang back to topik.  

Pernah tidak sobat bingung menghafal alamat sosial media yang sobat punya? Iya kalau nama akunnya sama semua, bagaimana kalau daftar akun itu jika ditulis sesuai url (alamat situs). Cukup repot kan sobat. Apalagi seperti Instagram, tempat untuk menuliskan alamat website hanya ada satu untuk link website. Bagaimana kita bisa cantumkan alamat sosial media yang lain? Sementara bagi sebagian orang atau pebisnis, mungkin saja mereka punya website lebih dari satu, dan mereka perlu untuk mempromosikan semua situs yang dia punya atau promosikan semua sosial media yang dia punya kepada pengunjung. Tenang saja, di sini saya punya solusinya. 😊

Langkah pertama sobat harus mengumpulkan alamat website / situs / sosial media yang sobat punya ke satu file html yang dihosting. Rekomendasi dari saya adalah web hosting punya Google, sites.google.com (Google Sites). Ini web hosting gratis milik Google yang sangat sederhana dan ringan. Kepopulerannya memang kurang dari Blogger dan Wordpress, dari segi tampilan dan tools yang ada murni hanya untuk web statis, artinya cuma untuk dibaca saja. 

Cara punya akun di Google Sites, sobat cukup punya email dari gmail. Jika sudah punya sobat tinggal buka situsnya, langsung buat blog baru. Design halaman di sini tersedia beberapa model layout dari sususan tabel, sobat bisa atur sendiri sesuai selera, karena penggunaannya sangat gampang bagi pemula. 


Untuk menggunakan sites.google.com, kita harus buka melalui desktop. Kalau sobat membuka dari HP, klik titik tiga sudut kanan atas halaman, centang situs desktop. 


Tampilan dashboard Google Sites. Untuk membuat situs baru, sobat klik tombol plus sudut kanan bawah.


Bagian sebelah kanan adalah tools untuk mengedit halaman. Ada insert gambar, tabel halaman, link, tombol, dll. Sobat atur sendiri ya sesuai selera. Jangan lupa input judul halaman. Di bawah ini contoh yang sudah saya buat, koleksi sosial media saya yang aktif saat ini. 


Di sini saya design menggunakan tombol, lalu jangan lupa insert link untuk masing-masing url sosmed tersebut. Setelah selesai design, jangan lupa publish supaya halaman bisa tampil online. 

Untuk melihat alamat situs kita, klik toolbar atas gambar angka 8 telentang, atau gambar ke empat setelah nama situs. Lalu akan muncul alamat situs kita seperti ini :


Nah, itulah alamat buku sosmed saya. Tapi sepertinya masih ada yang kurang. Alamatnya kepanjangan. Masih repot juga untuk menghafalnya. Sobat bisa perpendek alamat url pakai aplikasi Bitly. 


Untuk membuat url custom di Bitly.com, kita harus daftar akun pakai email, lalu login. Untuk menggunakan aplikasi lebih mudah bagi pengguna android,  sobat bisa install saja dari Playstore aplikasi Bitly.


Itu contoh url halaman dari Google Sites yang sudah dirubah ke alamat custom dari Bitly. Cari nama yang singkat dan gampang diingat. Contoh buku sosmed saya dengan alamat bit.ly/situsrina.

Sobat tidak perlu bingung lagi untuk menampilkan di manapun, satu alamat singkat untuk beberapa url. 😊

Demikian saja tutorial kali ini, semoga bisa membantu sobat yang membutuhkan. Kritik dan saran sangat diperlukan, tulis di kolom komentar ya sobat. 










Komentar