CARA MENGALIHKAN HALAMAN BLOGSPOT

Bagi para Blogger yang membangun sebuah blog di Blogger (Blogspot), bisa mengalihkan halaman blog ke halaman lain. Dengan syarat halaman tujuan adalah tetap berada di direktori kita, di url kita sendiri, artinya kita tidak bisa alihkan ke luar url. Biasanya halaman yang sering dialihkan para Blogger adalah halaman index yaitu halaman pertama sebuah website. Banyak alasan para Blogger membuat keputusan seperti itu, bisa jadi dia merasa tidak suka dengan tampilan yang sudah ada di tema gratisan. Bisa jadi juga halaman blog dia ada kerusakan sehingga tidak bisa tampil, dll.

Berikut langkah-langkah mengalihkan halaman pada blogspot.com :
1. Buka dashboard Blogger, pergi ke setelan
2. Pergi ke pengalihan khusus
Tambahkan, lalu isikan halaman yang mau dialihkan. Di situ tertera alamat dari "/" ke "/". Itu artinya apa? Artinya halaman yang bisa dialihkan itu adalah halaman yang berada di satu folder blog, satu url. Misal alamat blog https://alamatblog.blogspot.com, pengalihan hanya bisa dilakukan antar satu folder alamat blog. 


Misal kita mau mengalihkan halaman index, disebut juga halaman pertama sebuah website, ke halaman lain yang kita custom sendiri, misalnya kita mau buat halaman daftar isi, atau halaman selamat datang, dll. Pastikan dulu halamannya sudah ada. Kalau belum ada ya dibuat dulu dari menu halaman. Semua file halaman akan tercreate ke sebuah folder namanya "p" (page). Misal halaman daftar isi, dengan judul "daftar isi", akan menghasilkan alamat /p/daftar-isi.html. Halaman index hanya ditulis "/". Mengapa demikian, karena halaman index adalah halaman pertama saat kita membuka sebuah website atau blog. Jadi dia tidak berada di dalam folder di sebuah blog. 


Lanjut klik oke. Coba tes buka blog Anda, halaman default index akan langsung dialihkan ke halaman daftar isi. Jangan lupa halaman tujuan sudah tersedia link untuk masuk ke navigasi blog supaya memudahkan pengunjung berselancar di blog Anda.

Demikian tutorial tentang pengalihan halaman blogspot. Semoga bisa membantu sobat. 😊






Komentar